Jumat, 27 Maret 2015

Hardware dan Software



HARDWARE

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya. Hardware merupakan perangkat brewujud fisik yang berfungsi memasukkan, mengolah, dan menampilkan keluaran, serta digunakan oleh sistem untuk menjalankan perintah yang telah diprogramkan. Perangkat keras juga merupakan bagian dari sistem komputer yakni sebagai eksekutor dari perintah yang telah diprogramkan melalui perangkat lunak (sofftware) yang ditanamkan pada hardware. Jadi, hardware bukan sekedar sebuah benda yang dirasakan dengan panca indera melainkan harus memiliki keterkaitan dengan sistem komputer.
macam perangkat (devices), yaitu :

  1.   Perangkat masukan (input devices),

  1.   Perangkat proses (process devices),

  1.   Perangkat keluaran (output devices),

  1.  Perangkat penyimpan (memory/storage devices).


1. PERANGKAT INPUT MASUKAN
merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah kedalam komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya.

Perangkat input dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu:
  • Perangkat Input Langsung
o   Perangkat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa melalui media lain. Contohnya keyboard, mouse, joystic, scanner, pointing devices

  • Perangkat Input tidak Langsung
o   perangkat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media yang berbentuk simpanan luar (external memory), contohnya pita magnetic (magenetik tape), disk magnetic (magnetic disk), atau kartu plong (punch card).

A. Keyboard

Keyboard merupakan perangakat masukan ynag menyerupai mesin ketik yang berfungsi untuk memasukkan data berupa teks (huruf,angka,tanda baca, atau karakter). Penciptaan keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan oleh Christopher Latham pada tahun 1868. Keyboard yang digunakan sekarang adalah jenis QWERTY. Jumlah tombol pada keyboard berjumlah 104 tombol. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port yaitu port serial, PS/2, USB, dan wireless. Jenis-jenis keyboard, yaitu: QWERTY, DVORAK, KLOCKENBERG.
B. Mouse
Mouse merupakan alat penunjuk ( screen pointing device) pada computer. Selain menggerakkan kursor, mouse juga dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri yang digunakan sebagai pengganti enter dan fungsi Select pada keyboard.
C. Light Pen
Light Pen merupakan perangkat masukan berupa pena yang disambungkan kabel debelakangnya, dimana kabel ini akan dihubungkan langsung ke computer. Light Pen menggunakan cahaya ketika menerima masukan.
D. Joystick
Joystick merupakan perangkat keras pada computer yang biasanya digunakan untuk game computer. Alat ini memiliki tombol dan sebuah tuas yang bisa digerakkan kesegala arah untuk mengendalikan gerakan objek pada monitor.
E. Touch Pad
Touch Pad merupakan perangkat penunjuk berupa tempat datar untuk menggeser pointer pada layar monitor dengan menempelkan jari diatasnya, kemudian digeser kea rah yang dikehendaki.
F. Trackball
Trackball merupakan alat masukan yang prinsip kerjanya hamper sama dengan mouse. Bedanya jika ingin menggerakkan pointer mouse dilayar diperlukan pergeseran mouse, sedangkan trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball kearah yang dikehendaki dengan jari.
G. Kamera Digital

Alat ini bekerja dengan memfokuskan cahaya kedalam Charge Couple Device (CCD) yang terdiri dari elemen-elemen sensitive terhadap cahaya, seperti adanya titik(dot) yang membuat gambar.
H. Kamera Video Digital Mini
Kamera video digital mini merekam dalam bentuk kaset. Kualitas gambar dan suara kamera video digital jauh lebih baik daripada video comcoder biasa.
I. Scanner
Scanner merupakan alat masuka yang didesain untuk menyalin atau mengopi teks ataupun gambar grafis dalam computer untuk kemudian disimpan dalan bentuk file.
J. Digitizer                                                                    
Digitizer merupakan alat masukan yang menggunakan media magnetis yang fungsinya untuk memindahkan gambar dari suatu media kertas kekomputer.





2. PERANGKAT PROSES
Alat proses adalah alat dimana instruksi – instruksi program di proses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan di alat output.






.1. CPU
CPU atau prosessor adalah otak dari komputer, komponen ini berfungsi sebagai pengendali proses pada komputer. Satuan dari kecepatan prosessor adalah MHz, sehingga semakin besar nilainya maka semakin cepat kecepatan akses prosessor. Tugas CPU adalah melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer sehingga bisa dikatakan hampir keseluruhan pemikiran dilaksanakan di sini CPU merupakan otak bagi sebuah sistem komputer.
2. ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan.
3. Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi computer
4. Register digunakan untuk menyimpan instruksi  dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di mainmemory.
5. RAM
merupakan memori yang dapat diakses  yaitu dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer. Semua data dan program yang dimasukkan lewat alatinput akan disimpan terlebih dahulu di main memory,khususnya di RAM
6. Read Only Memory (ROM)
F  ROM (Read Only Memory), dari namanya, memori ini hanya dapat dibaca saja, programmer tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM.
F Isi ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya, berupa sistem operasi (Operating System) yang terdiri program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer  misalnya :
-          program untuk mengatur penampilan karakter di layar,
-          pengisian tombol kunci dikeyboard untuk keperluan kontrol tertentu
3. PERANGKAT KELUARAN
Perangkat keluaran merupakan perangkat yang dipakai untuk menampilkan hasil proses. Contohnya  seperti layar monitor, printer, plotter, display card dan  speaker.

ALAT OUTPUT DAPAT BERBENTUK:
1. Hard copy device
            alat untuk mencetak tulisan, gambar pada media hard (keras) seperti kertas atau film.
contoh:
Printer
 
Plotter


Microfilm

2. Soft copy device
             alat untuk mencetak tulisan, gambar pada media soft (lunak) berupa signal elektronik.
Contoh:         
Video Display




          
       
3.Drive device
             alat untuk merekam simbol dalam bentuk yg dpt dibaca mesin,disk/tape. 

4. PERANGKAT PENYIMPANAN
Peragkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan untuk menyimpan data-data komputer.
Perangkat penyimpan (memory device) atau sering disebut memori (memory) saja merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan penyimpanan data dalam komputer.
Berdasarkan letaknya memori komputer dibedakan menjadi dua yaitu memori yang letaknya didalam (Internal memory) dan memori yang letaknya diluar (external memory).
Sedangkan berdasarkan kekekalannya penyimpanan dibedaka menjadi penyimpanan sementara (temporary memory) dan penyimpanan tetap (permanent memory).

*      Hardisk : Perangkat penyimpanan utama pada komputer, biasanya tampil di computer dengan sebutan Drive :C, Drive D,dan seterusnya. Tergantung pembagian partisinya.
*      Floppy Disk : Biasa dikenal dengan sebutan disket, merupakan penyimpanan luar pertama, sangat populer semasa sitem DOS, lotus123, sistem komputer jaman dulu. Sekarang sudjarang dijumpai dan mulai tergantikan oleh CD/DVD dan Flashdisk.
*      CD/DVD : Penyimpanan ekternal berbentuk piringan yang bisa menyimpan data.
*      Flashdisk : Perangkat penyimpanan eksternal yang saatini paling banyak digunakan karena bisa menyimpan dan menghapus data.

SOFTWARE



Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ atau perintah-perintah yang di jalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau di proses oleh perangkat keras. Saya sendiri pun sebenarnya juga tidak terlalau paham dengan apa itu hardware dan software, bahan-bahan artikel ini pun bukan murni hasil karya saya sendiri dan sebagian besar adalah bahan-bahannya saya kutip dari temen-temen blogger.
Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya
Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi saat ini telah beredar ribuan perangkat lunak baik yang berlisensi (shareware) maupun gratisan (freeware) dan fungsi utama perangkat lunak terdiri dari 3 macam, diantaranya adalah :

a.) Perangkat lunak pengolah kata
Perangkat lunak pengolah kata (word processor) merupakan suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi semua jenis bahan yang dapat dicetak. Contoh perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Word dan OpenOffice.org Writer.

b) Perangkat Lunak Pengolah Angka
Pengertian Perangkat aplikasi pengolah angka adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengolah data berupa angka. Contoh pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.

c.) Perangkat lunak Presentasi
Pengertian Perangkat lunak pengolah presentasi adalah aplikasi yang biasanya digunakan untuk membuat file presentasi. Karena fungsinya sebagai alat untuk mengutarakan ide atau gagasan, maka program presentasi harus memiliki tampilan yang menarik. Program presentasi dapat memasukkan objek-objek seperti gambar, video dan suara. Presentasi merupakan suatu kegiatan menyampaikan atau menjelaskan ide-ide dan informasi mengenai apa saja kepada orang lain. Untuk itu, presentasi yang bagus harus benar-benar dipersiapkan dengan baik. Untuk mencapai hal tersebut maka akan diperlukan piranti lunak dan piranti keras yang mampu mendukung maksud tersebut.



Tidak ada komentar :

Posting Komentar